Mata Pelajaran : BAHASA
INGGRIS
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke :
3 dan 4
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
Kompetensi Dasar :
Memahami Percakapan sederhana sehari-hari dalam konteks
profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
A.
Tujuan Akademik
- Siswa
dapat mengungkapkan pertanyaan dan menjawab tentang perasaan senang dan tidak
senang suatu kegiatan
- Siswa dapat mengungkapkan berbagai hal
tentang kegemaran dalam sebuah percakapan pendek
B.
Tujuan Karakter
- Siswa dapat belajar dengan disiplin, jujur, bekerjasama, kreatif,dengan berlandaskan rasa cinta
tanah air dan tanggung
jawab di
sekolah serta kehidupan sehari-hari
II. PENGEMBANGAN MATERI AJAR :
A. Keep your book closed and listen to your teacher.
Then, open your book, listen to your teacher again
and repeat each expression your teacher says.
Finally, analyzes the sentences and the translations.
1. Why do you
delight in fishing ?
2. Which do you prefer fishing in the river or lake
?
3. We are interested on the “Mancing Mania”
Program and Jejak Petualang in TransTV.
4. Do you like Mancing Mania Program better than Jejak Petualang ?
5. What do you think of adventures activity on the nature ?
6. Which do you prefer, living in the big city
or small town ?
7. I like both, but I prefer staying in a
quiet place like in the village.
8. I would prefer cycling to riding a
motorbike everyday to go to school.
9. I would rather listening to music than watching
TV.
10. I like playing guitar better than playing
cards
11. Would you prefer pecel rice or soup on
breakfast every morning ?
12. Do you
prefer coffee or hot tea after
breakfast ?
13. I’d rather have coffee milk after
breakfast
Preferences
Preferences
|
Responses
|
Would you prefer ….… to …..… (or )?
|
I’d prefer … to ….
|
Would you rather ……(or….. )?
|
I prefer … Noun or Gerund
|
Would you like to … …(or……)?
|
I’d rather … … (than…….).
|
What would you rather do: … or …?
|
I like … … better than … .(Noun or Gerund)
|
Do you like … … better/ more than
….. Noun or Gerund ?
|
I like both.
|
Do you prefer …. or…… Gerund/Noun?
|
I don’t like either of them
|
Neither. I prefer … ..
|
“GERUND”
Mengungkapkan Hobi sering pula
menggunakan bentuk Gerund
Gerund adalah bentuk verb-ing
yang digunakan sebagai Noun/kata benda
Gerund biasa digunakan sebagai :
1.
Subject
- Playing football is fun
2.
Object
- We enjoy Playing football
3.
Object
of prepositions
- He is excited about playing tennis
4.
Setelah Verbs berikut : ( jika ada 2 kata kerja berurutan maka kata
kerja yang belakang + ing )
- consider (menimbang)
- continue
- deny (menyangkal)
- delay
- detest / hate
- enjoy
- recommend
- like
-
finish
-
fancy (menghayal)
-
forgive
-
keep
-
mind (menghiraukan)
-
neglect (melalaikan)
-
suggest
-
Admit (mengaku)
-
practice
-
postpone (menunda)
-
prevent (mencegah)
-
resist (menolak)
-
understand
-
Appreciate
-
Avoid (menghindar)
-
Go
-
Stop/
quit
Biasanya
diikuti jenis-jenis Hobby
Go
swimming, dancing, climbing, cycling, surfing, sightseeing, hunting, sailing,
rafting, skating, fishing,
traveling
- to be used to = terbiasa
- to be accustomed to = terbiasa
- to object to = berkeberatan
- to look forward to = menanti-nanti
. He is used to standing in the podium
I really detest cleaning the bathroom detest
= benci / jijik
III. A. Pendekatan Pembelajaran :
-
Cooperative Learning
-
Model
: Think pair and share
B. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Mengerjakan soal/ tugas
4. Works
in pairs or groups
IV. LANGKAH
PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
I
No
|
Fase Kegiatan Guru
|
Fase Kegiatan Siswa
|
Metode
|
Alokasi Waktu
|
A.
|
Kegiatan Awal
w Guru Memberi Salam, presensi dan menanyakan berbagai hal
tentang keadaan siswa
w Guru mereview dan mengaitkan materi sekarang
dengan materi pembelajaran sebelumnya
w Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menanamkan karakter yang ingin
kita capai
|
w Siswa menjawab salam
dan mempersiapkan alat belajar dengan santun dan tertib
w Siswa mendengarkan
uraian guru dengan tertib
|
w Tanya Jawab
w Ceramah
|
20 menit
|
B.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
w Guru menjelaskan
tentang cara penggunakan mengungkapkan perasaan suka dan tidak tentang suatu
hal dan memberi contoh dalam
penggunaanya dengan senyum dan ramah.
w Guru mengevaluasi hasil
kerja siswa satu-persatu dan memperbaiki kesalahan yang dibuat siswa
Elaborasi
w Guru memandu siswa
Tanya jawab dengan kalimat-kalimat tersebut.
Konfirmasi
w Guru mencoba tanya jawab dengan
menggunakan kata tanya pada semua siswa dan kelompok
w Guru memberikan daftar
kata untuk dicari makna, padanan atau lawan katanya
|
w Siswa mempelajari modul
dan menanyakan berbagai hal tentang materi dengan tertib
w Siswa memendengarkan
penjelasan guru dengan tertib dan bertanya hal-hal yang belum dipaham
w Siswa mencoba berlatih
mengungkapkan kalimat Tanya tersebut dengan temannya , dalam bentuk tulisan
dan lisan dengan bersahabat dan demokratis
w Guru dan siswa mencoba
Tanya jawab dengan kalimat-kalimat tersebut.
w Siswa berlatih dengan
teman sebangku, dan kelompok. dengan bimbingan guru secara bergiliran dengan
tertib
w Siswa menyelesaikan tugas tersebut secara
lesan dan tertulis
|
w Ceramah
w Tanya jawab
w Work in pairs
w Tanya jawab
w Work in pairs
w Penugasan
|
140 menit
|
C
|
Penutup
w Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran
w Guru mengevaluasi hasil
latihan siswa, dan memberi penghargaan pada siswa
w Guru mengecek tingkat
pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mengerjakan evaluasi (soal-soal)
|
w
Siswa mengerjakan soal evaluasi dengan tertib,
bersahabat dan bertanggungjawab
|
w Ceramah
w Tes lesan
w Tes tulis
|
30
Menit
|
PERTEMUAN
II
No
|
Fase Kegiatan Guru
|
Fase Kegiatan Siswa
|
Metode
|
Alokasi Waktu
|
A.
|
Kegiatan Awal
w Guru Memberi Salam, presensi dan menanyakan berbagai hal
tentang keadaan siswa
w Guru mereview dan mengaitkan materi sekarang
dengan materi pembelajaran sebelumnya
w Guru memotivasi siswa
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menanamkan karakter yang ingin dicapai
|
w Siswa menjawab salam
dan mempersiapkan alat belajar dengan santun dan tertib
w Siswa mendengarkan
uraian guru dengan tertib
|
w Tanya Jawab
w Ceramah
|
20 menit
|
B.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
w Guru menjelaskan
tentang cara mengungkapkan hobby
dengan menggunakan (gerund) dan memberi contoh dalam penggunaanya dengan
senyum dan ramah.
w Guru mengevaluasi hasil
kerja siswa dan memperbaiki kesalahan
yang dibuat siswa
Elaborasi
w Guru dan siswa mencoba
Tanya jawab dengan kalimat-kalimat tersebut dengan ramah dan bersahabat.
Konfirmasi
w Guru mencoba tanya jawab dengan
menggunakan kata tanya pada semua siswa dan kelompok
w Guru memberikan daftar
kata untuk dicari makna, padanan atau lawan katanya
|
w Siswa mempelajari modul
dan menanyakan berbagai hal tentang materi dengan tertib
w Siswa mendengarkan
penjelasan guru dengan tertib dan bertanya hal-hal yang belum dipahami
w Siswa mencoba berlatih
mengungkapkan hobby tersebut dengan temannya , dalam bentuk tulisan dan lisan
dengan bersahabat
w Guru dan siswa mencoba
Tanya jawab dengan kalimat-kalimat tersebut.
w Siswa berlatih dengan
teman sebangku, dan kelompok. dengan bimbingan guru secara bergiliran dengan
tertib
w Siswa menyelesaikan tugas tersebut secara
lesan dan tertulis
|
w Penugasan
w Ceramah
w Work in pairs
w Work in pairs
w Penugasan
|
140 menit
|
C
|
Penutup
w Guru menyimpulkan hasil
pembelajaran
w Guru mengevaluasi hasil
latihan siswa, dan memberi penghargaan pada siswa
w Guru mengecek tingkat
pemahaman siswa dengan meminta siswa untuk mengerjakan evaluasi (soal-soal)
|
w
Siswa mengerjakan soal evaluasi dengan tertib,
bersahabat dan bertanggungjawab
|
w Ceramah
w Tes lesan
w Tes tulis
|
30
Menit
|
V. ALAT
/ BAHAN / SUMBER BELAJAR :
1. Buku Modul Bahasa Inggris
2. Buku BSE Depdiknas SMK ”Communicative
Effective 2”
3. LCD
VI. PENILAIAN
a.
Teknik Penilaian
1. Test Lisan ( meragakan
dialog secara berpasangan dan kelompok )
2. Test tertulis (
melengkapi, merubah, membuat dialog/ kalimat sederhana )
b. Bentuk Instrumen :
Tes
Uraian dan atau praktek
c. Ranah Soal :
-
Kognitif
-
Afektif
-
Psikomotorik
PERTEMUAN I
Exercise 1
Translate into good English
1.
Apa yang biasanya kamu lakukan pada hari minggu ?
2.
Yang manakah yang kamu suka, pergi ke pantai atau gunung
?
3.
Saya suka pergi mancing dari pada bermain sepak bola
4.
Apa yang kamu suka untuk makan malam, Bu ?
5.
Saya suka makan
mie dan bakso
6.
Apakah kamu ingin pergi ke konser KD malam ini ?
7.
Jenis film apa yang kamu lebih sukai ?
8.
Saya suka film petualangan dan komedi, Apa kamu suka film
komedi juga ?
9.
Dapatkah anda ceritakan siapakah bintang film favorit mu
?
10. Saya lebih suka nonton MetroTV daripada Indosiar
Exercise 2
Fill the gaps this Dialogue
and practice with your groups
Mr.Don :
What is your hobby, Lusi?
Lusi :
My hobby is ………………………….., Sir.
Mr.Don
: How about you?
Zahra :
I …………………….. watch TV than listen to
music.
Mr.Don :
Do you have any hobbies, San?
Hasan :
I don’t have any hobbies, Sir.
Mr.Don :
Well, what do you do in your…………………….? Playing cards?
Hasan :
I like playing ……………… on the computer better than playing cards.
Mr.Don :
I think your ................. is
playing game
Exercise 3
In groups, Makes a simple
Dialogue and practice with your
groups. Exercise 2 is example for you.
No comments:
Post a Comment